Anda tidak akan dapat membuat game tanpa unsur terpenting ini. Terlebih dahulu kita pikirkan dulu raw plan gamenya, apa genre nya, judulnya apa, siapa tokoh utamanya, bagaimana jalan ceritanya, dan sebagainya. Seiring dengan pembuatan game, anda bisa "meningkatkan" kualitas game. Seperti menambah detail pada background, membuat fitur baru yang tidak mengubah konsep utama.
Pengertian
Game
Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan
yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang
dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem
penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan
yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada
piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”,
kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti
tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan
video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.
Game
bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga
orang dewasa. Games sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk
meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan
cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut
kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa
merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan
akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.
Jenis jenis game
Selama ini kita hanya bisa memainkan
macam-macam jenis game tanpa tahu genre game yang kita mainkan, nah di sini cintagame.com akan memberikan sedikit
pengetahuan tentang pengelompokan game berikut jenis atau genre game yang
selama ini kita nikmati :
Berdasarkan
jenis platform atau alat yang digunakan :
1.Arcade
games, yaitu
sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat
khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis
video games, kebanyakan para gamers merasa “masuk” dan “menikmati” sebuah arti
permainan itu sendiri, didukung dengan perangkat, seperti pistol, kursi khusus,
sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.PC
Games , yaitu
video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers..
3.Console
games, yaitu
video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2,
Playstation 3, dan Nintendo Wii..
4.
Handheld games,
yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa
kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP..
5.Mobile
games, yaitu
yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
Berdasarkan
genre atau jenis permainanya yaitu :
1.
Shooter
Shooter Adalah Jenis game yang di
mainkan menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan, atau senjata
jarak jauh lainnya”. Biasanya tujuan dari permainan ini adalah menembak lawan
dan memenangkan misi tanpa harus gugur di medan perang.
2.
Strategy
Strategy adalah Jenis game yang
mengharuskan pemainnya menggunakan taktik dan strategi untuk jeli dalam melihat
setiap peluang, kelemahan musuh dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya
yang ada untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh
dalam rangka memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita
dituntut untuk mencari uang, emas, poin atau semua yang berfungsi untuk untuk
membiayai pasukan kita.
3.
Adeventure
Adventure Adalah Jenis game yang
umumnya membuat pemain harus berjalan mengelilingi suatu tempat yang telah di
desain sedemikian rupa, seperti sebuah istana, gua yang berkelok, dan planet
yang jauh. Pemain melakukan navigasi suatu area, mencari pesan-pesan rahasia,
memperoleh obyek yang memiliki kemampuan yang bervariasi, bertempur dengan
musuh, dan lain-lain.
4.
Arcade
Arcade game adalah Jenis game yang
tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan “just for fun” atau untuk
kejar-mengejar point/highscore.
5.
Sports
Sports Adalah jenis game bertema
olahraga. Sistem, aturan dan cara permainan akan berbeda-beda tergantung jenis
olahraga yang menjadi tema game tersebut.
Bisnis
dalam Game Komputer
- Mikrotransaksi
Adalah
sebuah model bisnis dimana pemakai dapat membeli barang virtual via
micropayments. Mikrotransaksi sering dipakai dalam free-to-play game atau
aplikasi untuk menyediakan sumber pendapatan untuk para developer. Biasanya
nilai transaksi berjumlah rendah.
- Advergame
Adalah
sebuah game yang mengandung iklan didalamnya untuk sebuah produk, jasa, atau
perusahaan. Beberapa advergame dibuat oleh perusahaan yang tujuannya hanya
untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri atau salah satu produknya, dan game
tersebut didistribusikan secara bebas sebagai alat marketing.
3D Engine
Di dalam grafika komputer, 3D
merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga
dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam komputer untuk keperluan kalkulasi
atau rendering gambar 3D. Pada 3D, engine bukanlah exutable program, artinya
engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. 3D engine
adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan
mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin
permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Scene Graph
Konsep scene graph merupakan inti
dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan
geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan
sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk
mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap
fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
·
Menciptakan
objek Canvas3D
·
Menciptakan
sebuah scene graph
·
Menghubungkan
objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
Ogre 3D
Objected-Oriented
Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang
object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis
dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan
mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya
digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani
vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah
salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE
tidak menyediakan audio/physics support.
Walaupun
penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai kelemahan dari OGRE itu sendiri, akan
tetapi semua itu sebanding dengan kemampuan grafis yang ada pada game engine
tersebut. Kelebihan yang paling menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang
bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics
apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim
development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada
dalam game development. OGRE dapat mendupport OIS, SDL, CEGUI libraries.
Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL.
Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free/open source
software.
Fitur-fitur
pada OGRE:
1. Desain yang object-oriented dengan
menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya
2. Engine berbasis scane graph dengan
bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape
scene manager
3. Multi-platform dengan dukungan
OpenGL & Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa
harus mempunyai content creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan
semua versi Windows
4. OGRE mendukung program vertex dan
fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler
5. The landscape scene manager untuk
progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual
6. Engine annimasi yang men-support
penuh untuk multiple hardware
Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing
digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa
dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional.
Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman,
dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing
merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang
dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit
Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim
Voluntir.
Game Maker
Game Maker
adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa
menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan
Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software (game) yang
anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa mendownload musik,
efek suara, gambar, script, serta background.
Unity 3D
Unity 3D
adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat
game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang
memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah
game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk
membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone,
dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity
kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan
diintegrasi lebih dalam suasana grafik.
Kelebihan
Unity terdapat pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport
oleh unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga
browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player,
sama halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa
melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi
jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau
Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.
TERIMA KASIH KEPADA;
suseno
hakkajiten
Computer Geek's Notes
Diny Fahmila's Blog
Unity
Game Maker
Ogre 3D
=====================================
ABDUL ROHMAN S
50414045
3IA21
Pengantar Teknologi Game
SYEFANI
RAHMA DESKI
0 komentar: