User Interface pada Game
UI jika
diartikan dalam bahasa Inggris adalah tampilan antar muka pengguna.
Fungsi dari UI sendiri sebagai mediator antara user dengan komputer. UI
sangat berperan penting dalam dunia komputer, karena dengan adanya UI maka
user/pengguna menjadi lebih mudah mengoperasikan suatu perangkat komputer.
User
interface sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Text Interface dan Graphic
User Interface (GUI). Dalam perkembangannnya UI berbasis GUI lebih
banyak dipergunakan dibanding yang berbasis teks. Hal ini dikarenakan GUI
lebih menarik dan komunikatif dibandingkan basis teks.
Dari sekian
banyak UI yang ada, yang paling berbeda adalah UI milik video game.
Karena pada UI game memiliki sifat fiksi dan benyak melibatkan atau menambahkan
unsur-unsur tambahan, seperti Avatar dari pengguna/player/user. Disini
pemain memang tak terlihat secara nyata dan hanya di simbolkan dengan avatar
diri meraka. Namun sebenarnya avatar dari user itulah yang menjadi kunci
untuk cerita pada game yang sedang dimainkan.
Dalam dunia
interface game ada istilah yang HUD (Heads-up Display) - User Interfaces for
Increased Player Immersion in FPS Games , yang merupakan metode dimana
informasi secara visual disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari UI
permainan. Beyond HUD - User Interfaces for Increased Player Immersion in
FPS Games adalah sebuah judul tesis yang dibuat oleh Erik Fogerholt
dan Magnus Lorentzon di Chalmers University, yang memperkenalkan
istilah berbagai jenis interface tergantung pada bagaimana kaitan dengan narasi
dan geometri permainan.
Berikut ini
adalah beberapa jenis Graphic User Interface yang sering ada dalam video
game:
Diegetic
User
interface jenis ini biasa sudah disertakan dalam sebuah game secara
default. Komponen-komponen yang ditampilkan dalam diagetic divisualkan
secara nyata atau relistis sesuai karakter pada permainan dan tidak menggunakan
HUD. Diegetic dapat dilihat dan didengar oleh pula oleh karakter tersebut.
Karena komponen visual degetic menempel atau ada pada karakter pemain dan
divisualisasikan secara nyata, jadi jenis UI ini tidak mengganggu pendangan
dari user atau pemain game ini.
Map view in game: Dear Esther
Map view in game: The Elder Scrolls V:Skyrim
Map view in game: Metro 2033
Meta
Interface
ini ditampilkan diluar dunia game atau dutujukan untuk user atau pemain di
dunia nyata. Oleh karena itu agar narasi yang diberikan game pada pemain
jelas interface ini menggunakan HUD. Pada game seperti Need for Speed:
Most Wanted, Hot Persuit sebenarnya interface sudah ada pada komonen game
secara diegetic, contoh: Speedometer, Map sirkuit. Namun jika komponen
tersebut hanya divisualkan secara diegetic maka narasi tidak tersaimpaikan
secara jelas. Oleh karena itu diberikan visualisasi tambahan berupa speedometer
2D yang jelas dapat dilihat oleh user.
Speedometer pada game: Need for Speed:Hot Pursuit
Visualisai handphone game: Grand Theft Auto 4
Cipratan darah game: Call of Duty:Modern Warfare 2
Spatial
Spatial UI
elemen digunakan ketika ada kebutuhan memecahkan jalan cerita dalam rangka
untuk memberikan informasi lebih kepada user daripada karakter. Mereka
masih duduk dalam geometri lingkungan permainan untuk membantu memuaskan user/pemain
dan mencegah mereka dari keharusan untuk menghancurkan pengalaman dengan
melompat ke layar menu. Semakin dekat ini mengikuti aturan fiksi
permainan semakin mereka dapat membantu mamuaskan user/pemain.
Spatial elemen game: Splinter Cell Conviction
Spatial elemen game: Fable 3
Spatial elemen game: Forza 4
Non-Diegetic
Interface
Non-Diegetic merupakan elemen yang memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus
dari fiksi permainan dan geometri, dan dapat mengadopsi pemakaian visual
tersendiri/secara custom, meskipun sering dipegaruhi oleh arah seni permainan
itu sendiri. Interface ini merupakan interface yang paling baik digunakan
ketika bentuk diegetic, meta, maupun spatial memberikan batasan-batasan pada
elemen UI yang digunakan.
Interface game: Mass Effect 3
Interface game: World of Warcraft
Kesimpulan:
Sebuah kunci dari masalah terletak
pada bagaimana kita disajikan dan berinteraksi dengan informasi yang kompleks,
yaitu interface yang benar-benar ada dalam dunia permainan itu sendiri.
TERIMA KASIH KEPADA;
Google Image
blogart-i
=====================================
ABDUL ROHMAN S
50414045
3IA21
Pengantar Teknologi Game
SYEFANI RAHMA DESKI
0 komentar: