User Interface pada Game Komputer | Space Dream

Rabu, 17 Mei 2017

User Interface pada Game Komputer



User Interface pada Game


 
UI jika diartikan dalam bahasa Inggris adalah tampilan antar muka pengguna.  Fungsi dari UI sendiri sebagai mediator antara user dengan komputer.  UI sangat berperan penting dalam dunia komputer, karena dengan adanya UI maka user/pengguna menjadi lebih mudah mengoperasikan suatu perangkat komputer.



User interface sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Text Interface dan Graphic User Interface (GUI).  Dalam perkembangannnya UI berbasis GUI lebih banyak dipergunakan dibanding yang berbasis teks.  Hal ini dikarenakan GUI lebih menarik dan komunikatif dibandingkan basis teks.



Dari sekian banyak UI yang ada, yang paling berbeda adalah UI milik video game.  Karena pada UI game memiliki sifat fiksi dan benyak melibatkan atau menambahkan unsur-unsur tambahan, seperti Avatar dari pengguna/player/user.  Disini pemain memang tak terlihat secara nyata dan hanya di simbolkan dengan avatar diri meraka.  Namun sebenarnya avatar dari user itulah yang menjadi kunci untuk cerita pada game yang sedang dimainkan.



Dalam dunia interface game ada istilah yang HUD (Heads-up Display) - User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games , yang merupakan metode dimana informasi secara visual disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari UI permainan.  Beyond HUD - User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games  adalah sebuah judul tesis yang dibuat oleh Erik Fogerholt dan Magnus Lorentzon di Chalmers University, yang memperkenalkan istilah berbagai jenis interface tergantung pada bagaimana kaitan dengan narasi dan geometri permainan.










Berikut ini adalah beberapa jenis Graphic User Interface yang sering ada dalam video game:



Diegetic

User interface jenis ini biasa sudah disertakan dalam sebuah game secara default.  Komponen-komponen yang ditampilkan dalam diagetic divisualkan secara nyata atau relistis sesuai karakter pada permainan dan tidak menggunakan HUD.  Diegetic dapat dilihat dan didengar oleh pula oleh karakter tersebut.  Karena komponen visual degetic menempel atau ada pada karakter pemain dan divisualisasikan secara nyata, jadi jenis UI ini tidak mengganggu pendangan dari user atau pemain game ini.





Map view in game: Dear Esther





Map view in game: The Elder Scrolls V:Skyrim





Map view in game: Metro 2033



Meta

Interface ini ditampilkan diluar dunia game atau dutujukan untuk user atau pemain di dunia nyata.  Oleh karena itu agar narasi yang diberikan game pada pemain jelas interface ini menggunakan HUD.  Pada game seperti Need for Speed: Most Wanted, Hot Persuit sebenarnya interface sudah ada pada komonen game secara diegetic, contoh: Speedometer, Map sirkuit.  Namun jika komponen tersebut hanya divisualkan secara diegetic maka narasi tidak tersaimpaikan secara jelas.  Oleh karena itu diberikan visualisasi tambahan berupa speedometer  2D yang jelas dapat dilihat oleh user.





Speedometer pada game: Need for Speed:Hot Pursuit





Visualisai handphone game: Grand Theft Auto 4





Cipratan darah game: Call of Duty:Modern Warfare 2





Spatial

Spatial UI elemen digunakan ketika ada kebutuhan memecahkan jalan cerita dalam rangka untuk memberikan informasi lebih kepada user daripada karakter.  Mereka masih duduk dalam geometri lingkungan permainan untuk membantu memuaskan user/pemain dan mencegah mereka dari keharusan untuk menghancurkan pengalaman dengan melompat ke layar menu.  Semakin dekat ini mengikuti aturan fiksi permainan semakin mereka dapat membantu mamuaskan user/pemain.





Spatial elemen game: Splinter Cell Conviction





Spatial elemen game: Fable 3





Spatial elemen game: Forza 4





Non-Diegetic

Interface Non-Diegetic merupakan elemen yang memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri, dan dapat mengadopsi pemakaian visual tersendiri/secara custom, meskipun sering dipegaruhi oleh arah seni permainan itu sendiri.  Interface ini merupakan interface yang paling baik digunakan ketika bentuk diegetic, meta, maupun spatial memberikan batasan-batasan pada elemen UI yang digunakan.





Interface game: Mass Effect 3





Interface game: World of Warcraft



Kesimpulan:





Sebuah kunci dari masalah terletak pada bagaimana kita disajikan dan berinteraksi dengan informasi yang kompleks, yaitu interface yang benar-benar ada dalam dunia permainan itu sendiri.




 TERIMA KASIH KEPADA;
Google Image 
blogart-i 
 



=====================================

ABDUL ROHMAN S

50414045

3IA21

Pengantar Teknologi Game

SYEFANI RAHMA DESKI







0 komentar: